ANALISIS PROSES SERVICE DAN EVENT SISTEM OPERASI JARINGAN
1.Proses Pembuatan Event (EO)
Suatu
kelompok usaha dalam bidang jasa yang ditunjuk secara resmi oleh client
untuk mengorganisasikan rangkaian acara, dimulai dari proses pembuatan
konsep, perencanaan, persiapan, eksekusi hingga rangkaian acara selesai
dalam rangka membantu client mewujudkan tujuan yang diharapkan melalui
rangkaian acara yang diadakan.
Orang Even Organizer harus bernyali besar
Menjalankan
sebuah event tentu harus memiliki keberanian yang ekstra alias harus
gede nyali. Seorang EO harus berani menanggung resiko apapun terhadap
sebuah acara yang ditangani. Misalnya kita bertugas menyelenggarakan
sebuah event wisuda jurusan, dari mulai dekorasi, konsumsi, dokumentasi,
pengisi acara, dan prosesi acara kita adalah orang yang bertanggung
jawab penuh dalam mengelolanya.
Acara
tersebut harus berjalan dengan sukses, semua wisudawan, orang tua atau
pihak jurusan akan menaruh harapan besar terhadap acara kita. Bayangkan
jika salah satu menjadi cacat, misalnya hasil dokumentasi jelek atau
sound system yang banyak noisenya, apa yang akan kita lakukan? apakah
kita sebagai EO akan melemparkan kesalahan kepada tim atau setan?
bukankah fotografer dan soundmannya kita yang milih? Bagaimana misalnya
dengan event-event lain yang sampai mempertanggung jawabkan nyawa,
misalnya dalam sebuah acara outbound atau konser musik? Disanalah
dituntut nyali yang gede, skill yang mumpuni disertai dengan rasa
tanggung jawab yang besar sebagai seorang EO.
3E : Education, Entertainment & Exhibition
Ada
beberapa jenis event yang dikerjakan oleh sebuah EO, baik itu event
musik, launching produk, seminar, pesta perkawinan, ulang tahun,
pameran, pelantikan, event olah raga dan lain sebagainya. Semua event
pada dasarnya mengacu pada kegiatan Education, Entertainment &
Exhibition. Sebuah event harus mampu menghibur, memamerkan dan memiliki
unsur mendidik. Education, Entertainment & Exhibition selain sebagai
sisipan dalam sebuah event, juga bisa berdiri sendiri sebagai event.
Operasional Proses Pembuatan Event, terbagi tiga tahapan:
1. Tahap pra produksi (planning)
v Menjabarkan ide kreatif dan menuangkannya ke konsep
Ide
kreatif atau gagasan awal sangat penting dari setiap anggota memberikan
ide tersebut untuk di tuangkan dalam suatu konsep yang kreatif dan
menarik.
v Menuangkan konsep tersebut dalam rancangan tertulis
Setelah
ide kreatif dari masing – masing personal di tuangkan dalam sebuah
konsep, konsep tersebut di buat pada suatu rancangan tertulis guna hasil
dari ide kreatif atau gagasan yang tertuang lebih matang dan siap untuk
di promosikan atau di perlihatkan pada stakholder.
v Pembentukkan Tim serta Jobdesc
Setelah
terbentuknya suatu konsep rancangan yang tertulis, proses berikutnya
pembentukkan Tim serta pembagian Jobdesc sangatlah penting, di sini kita
dapat menentukan masing – masing anggota tim untuk bekerja sesuai
kemampuannya atau kelebihannya, jangan sampai terjadi kesalahan
penempatan Jobdesc.
v Promosikan konsep
Jika
belum mempunyai stakholder, promosikan ide atau gagasan kreatif yang
sudah terancang dalam sebuah konsep yang menarik, agar mendapatkan
pemintat baik dari stakholder ataupun pihak sponsor yang tertarik dengan
konsep yang sudah dituangkan pada rancangan tulisan.
v Observasi tempat, perlengkapan, akomodasi, konsumsi, transportasi, dokumentasi dll
Setelah
tim terbentuk dan masing – masing telah di berikan jobdesc, maka proses
berikutnya observasi tempat, perlengkapan, akomodasi, transportasi, dan
sebagainya. Ini sangat perlu di lakukan sebelum masuk pada tahap
produksi, pihak event organizer harus observasi terlebih dahulu guna
mengetahui apa saja kendala atau pun yang harus di persiapkan nanti pada
saat produksi berlangsung, biar konsep yang tertuang tadi terlihat
menarik dan memuaskan stakholder.
v Menentukan pihak – pihak yang terlibat (pengisi acara)
Pihak
Event Organizer berhak menentukan para pihak – pihak yang mengisi acara
sesuai dengan konsep yang mereka buat, karena jika salah menetukan
pengisi acara dalam suatu produksi sangat fatal akibatnya dan
kemungkinan pihak stakholder akan kecewa karena tidak sesuai dengan
konsep.
v Konfirmasi pada pihak – pihak yang terlibat
Sebelum
masuk pada proses produksi, pihak Event Organizer harus memastikan dan
mengkonfirmasikan pada pihak – pihak yang terlibat dalam acara tersebut,
ini di karenakan jika ada pembatalan kontrak kerja dengan pihak – pihak
yang sebelumnya sudah di tentukan maka Event Organizer dapat mencari
penggantinya sebelum acara produksi berjalan.
v Penyelesaian administrasi, kontrak, perijinan, tempat, ticketing, dll
Setelah
semuanya rampung, maka proses selanjutnya adalah perjanjian dari segi
administrasi, kontrak, perijinan, tempat, ticketing, pengisi acara,
keamanan, dll. Perjanjian ini di maksudkan agar kontrak kerja yang telah
di sepakati di kedua belah pihak tidak ada pengingkaran kontrak atau
penyelewengan kontrak kerja sama.
v Membuat Run Down Acara
Hal
ini wajib di lakukan, karena run down atau susunan acara harus di buat
sesuai konsep yang sudah di rancang agar hasilnya memuaskan.
2. Tahap Produksi
v Teknikal Meeting dengan seluruh pengisi acara
Sebelum
memulai produksi, sebaiknya melakukan teknikal meeting terlebih dahulu,
guna untuk lebih mempersiapkan segala sesuatunya pada saat produksi
berlangsung.
v Teknikal Meeting dengan seluruh kru yang bekerja
Sebelum
memulai produksi, sebaiknya teknikal meeting dahulu dengan seluruh kru
untuk lebih mempersiapkan segala sesuatu dan berdo’a bersama demi
kelancaran produksi nanti.
v Mempertanyakan kesiapan pada pihak keamanan
Pihak
event organizer wajib menanyakan kesiapan pihak keamanan sebelum
beberapa saat produksi akan di laksanakan, dan meminta pada pihak
keamanan untuk lebih mengontrol keamanan agar produksi berjalan sukses
sesuai rencana dan hasilnya memuaskan.
v Proses event digelar sesuai rundown
Proses event yang berlangsug sesuai dengan konsep dan run down yang di persiapkan secara matang.
3. Tahap Pasca Produksi
v Evaluasi
Setelah
produksi selesai sebaiknya tim melakukan evaluasi dari keseluruhan
acara guna memperbaiki kinerja kerja tim pada saat kontrak atau produksi
yang lainnya. Hal ini sebagai motivasi buat keseluruh tim guna
meningkatkan ide yang lebih kreatif dan imajinatif dalam menghasilkan
sebuah karya.
v Pembuatan laporan
Pembuatan laporan akhir ini guna mengetahui keseluruhan dari produksi yang telah berjalan, untuk di serahkan pada stakholder.
Keuntungan menggunakan Event Organizer
- Penyelenggara acara lebih santai, sehingga bisa fokus pada kegiatan utama.
- Panitia yang bekerja dan menyiapkan acara berasal dari kalangan propesional sehingga sudah terbiasa dan teliti.
- Adanya kemudahan dalam sistem pertanggung jawaban dan koordinasi serta komunikasi dari masing-masing bagian.
- Setelah acara selesai, penyelenggara bisa langsung istirahat atau beraktivitas dan tidak perlu repot untuk membereskan berbagai perlengkapan acara.
- Acara bisa dikondisikan menjadi lebih menarik, dengan berbagai fasilitas pendukung yang disediakan oleh EO, seperti hiburan, hiasan – hiasan,dekorasi dan sebagainya.
Kekurangan menggunakan Event Organizer
- Biaya lebih tinggi.
- Kemungkinan perbedaan ide acara antara penyelenggara acara dan EO. Hal ini terkait antara anggaran yang disediakan penyelenggara dan dana yang diminta EO.
- Lemahnya kontrol dari penyelenggara acara, akibat terlalu percaya secara berlebihan kepada EO.
- Kemungkinan putusnya kontrak secara sepihak mendekati hari H dengan berbagai alasan. Sehingga penyelenggara yang tidak siap untuk menyelenggarakan acara tanpa EO menjadi bingung. Meskipun kemungkinan seperti ini jarang terjadi, namun harus tetap diwaspadai, sehingga tidak merugikan bagi penyelenggara acara.
Contoh Kegiatan:
Dalam
rangka menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-64, Light
Communication Service Event Management & Organizer akan
menyelenggarakan kegiatan promosi investasi dan perdagangan dengan thema
“Mega Shopping”. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menambah
wawasan masyarakat Papua tentang teknologi & informasi,
menumbuhkembangkan perekonomian di wilayah Papua serta menjadi ajang
promosi yang berkelanjutan bagi para peserta maupun sponsor dan juga
temu usaha antara pemerintah, pelaku bisnis dan masyarakat.
Maksud & Tujuan :
- Memperkenalkan produk teknologi & informasi kepada masyarakat.
- Menambah wawasan masyarakat Papua tentang teknologi & informasi.
- Membuka wawasan berpikir masyarakat Papua, khususnya para pengusaha dan investor di berbagai sektor teknologi & informasi.
- Menumbuhkembangkan perekonomian para pengusaha dan pedagang di wilayah Papua.
- Menjadi ajang promosi yang berkelanjutan bagi para peserta maupun sponsor.
- Mempertemukan produsen, pedagang, investor dan pembeli pada satu tempat dan waktu yang bersamaan dalam pameran ini.
- Diharapkan melalui pameran ini pemerintah menjadi lebih peduli dan mendukung serta memberikan fasilitas kepada para pengusaha, terutama putera daerah yang ada di Papua, khususnya di Jayapura
Tempat & Waktu Pelaksanaan :
Tempat
|
:
|
Gedung Olah Raga Cenderawasih Jayapura
|
Tanggal
|
:
|
1 s.d. 7 Agustus 2009
|
Waktu
|
:
|
Pkl. 09.00 s.d. 22.00 WIT
|
Profil Pengunjung :
- Pejabat Pemerintah
- Pengusaha, Profesional dan Eksekutif
Masyarakat pengguna produk - produk teknologi dan komoditi unggulan daerah berorientasi ekspor
2. Jenis-Jenis EventEvent yang dikelola oleh event organizer sangat banyak tergantung jenis-jenis acaranya, berikut ada beberapa jenis event:a. Event perusahaan, contohnya HUT perusahaan dalam berbagai format acara, employe/ family gathering, peresmian kantor baru, penghargaan pada karyawanb. Event promosi, contohnya pentas musik oleh sponsor, eksibisi/ pameran produk, variety show oleh sponsor, presentasi produk, launching produk, sampling dan selling, dealer/ costumer gatheringc. Event pribadi, contohnya pesta pernikahan, perayaan ulang tahun, syukurand. Event pendidikan, contohnya seminar, symposium, talk show, workshope. Event olahraga, contohnya kompetisi olah raga professional, pertandingan olah raga semi pro, aneka lomba dan kompetisif. Event seni, contohnya pagelaran seni musik, pagelaran seni tari, pagelaran seni teater, fashion showg. Event amal, berbagai pagelaran penggalangan dana, lelang untuk penggalangan danah. Event publikasi, contohnya konferensi pers, media gatheringEvent organizer seolah menjadi partner baru dalam perusahaan. Melalui penggunaan jasa event organizer ini, perusahaan tidak perlu susah lagi dalam menangani urusan seperti melakukan promosi produk misalnya. Hubungan sinergi antara event organizer dengan perusahaan adalah suatu kegiatan untuk menanamkan pengertian guna memperoleh good will, kerjasama dan kepercayaan. pada gilirannya akan mendapat dukungan dari pihak lain.Perusahaan lebih terbantu dengan adanya event organizer, karena mereka memadukan konsep promosi dengan entertainment. Keberadaan event organizer memang telah membina sebuah hubungan yang menguntungkan dengan perusahaan.EO berperan penting dalam pelaksanaan sebuah event, ia menjadi pengatur seluruh unsur pendukung agar acara mampu bersinergi menghasilkan rangkaian acara yang sukses, baik penyelenggaraan maupun tujuan dari event tersebut. EO akan mengatur dan mengawasi banyak orang yang mendukung acara dan keperluan acara agar sesuai dengan konsep yang telah ditentukan.EO mempersiapkan secara matang keperluan acara mulai lokasi dimana event akan digelar (out door atau in door), kru artis dan talenta yang digunakan dalam rangkaian event, seperti pembawa acara, penyanyi, band, supporting act seperti penari, pesulap, happening artist, dan lain-lain, juga termasuk pengiring tamu, Sales Promotion Girls (SPG), Sales Promotion Boy (SPB), dan pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam event.3. Launching Event Dan PameranLaunching event merupakan event yang dilakukan untuk memperkenalkan dan menginformasikan suatu produk yang baru dikeluarkan oleh perusahaan, organisasi ataupun perorangan. Pameran adalah kegiatan yang menunjukkan sesuatu kepada orang banyak mengenai kelebihan dan keunggulan yang dimiliki sesuatu tersebut (Ruslan, 2006: 239).Dalam launching produk yang terpenting adalah menginformasikan keuntungan atau kelebihan produk kepada konsumen. Dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat bauran promosi menjadi pendukung utama untuk menginformasikan tentang produk.Pameran merupakan program kegiatan yang dapat memperkenalkan produk ataupun jasa perusahaan kepada masyarakat luas, sehingga pameran dapat dijadikan ajang promosi produk dan jasa perusahaan. Adanya peranan suatu event pameran sebagai sarana kegiatan promosi produk sehingga dapat meningkatkan penjualan dan langsung mendapatkan tanggapan yang baik dari masyarakat atau pengunjung yang ikut serta dalam pameran.Untuk memamerkan produk dan jasa perusahaan biasanya pameran dilakukan dengan cara menyewa stand atau tempat dan dihiasi semenarik mungkin agar pengunjung yang datang mau melihat dari dekat produk atau jasa perusahaan dengan harapan agar pengunjung lebih mengenal dan kemudian mau mencoba bahkan sampai menggunakan produk atau jasa perusahaan (Yulianti:149).Secara umum pameran merupakan suatu media promosi dan iklan yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat dengan harapan mereka tertarik dan kemudian membelinya.4. Efektif PameranEfektifnya pameran adalah pada sarana komunikasi itu public dapat menyaksikan peragaan proses benda tertentu, dapat bertanya sepuas hatinya, bahkan untuk mencoba benda benda tertentu.Secara komunikologis, pameran atau exhibition merupakan sarana yang efektif untuk menyebarkan suatu pesan karena bersifat informative dan persuasive. Dalam penelaahannya terhadap keefektifan komunikasi, para ahli komunikasi berpendapat bahwa seseorang akan mengerti secara memuaskan apabila bukan hanya mendengar dan melihat gambarnya, tetapi juga buktinya. pameran sebagai sarana komunikasi mampu membuat publik ingat dan mengerti dengan produk.Event semakin popular seiring terjadinya pergeseran trend pemasaran kearah community marketing, sehingga perusahaan membutuhkan event sebagai media interaksi langsung dengan komunitasnya. Dalam sebuah event, produk dapat dieksploitasi lebih detail dari kulit hingga bijinya dan dapat dirasakan langsung oleh konsumennya. Dengan kepiawaian orang-orang event organizer sebuah acara yang biasa-biasa saja diolah menjadi tontonan yang menyenangkan dan menghibur (Hafidz, 2007: 3).Seoang ahli audio visual aid (AVA) bernama Jack Dove mengatakan “Knowledge is absorbed through the five senses, assessed in the following proportions: sight 75 %, hearaing 13%, touch 6%, smell 3%, taste3%”. (pengetahuan diserap melalui panca indera, yang diperkirakan menurut perbandingan sebagai berikut : penglihatan 75%, pendengaran 13%, perabaan 6%, penciuman 3%, dan pencicipan 3%) (Effendi, 2002: 141).Berdasarkan pendapat Jack Dove itu, khlayak akan memperoleh pengetahuan dari pameran lebih dari 90 % sebab pameran mampu menyajikan pengetahuan yang dapat diserap oleh publik dengan hampir semua panca indera.Publik pengunjung pameran akan melihat, mendengar, meraba, mencium bahkan mungkin mencoba benda-benda yang dipamerkan. Artinya hampir semua pengetahuan tersebut atau 90% dapat diserap melalui panca indra manusia yang bersangkutan hadir, menyaksikan dan memperhatikan pada suatu pameran berlangsung (Ruslan, 2006: 239).Efektifnya pameran ialah karena pada sarana komunikasi itu publik dapat menyaksikan peragaan proses benda tertentu, dapat bertanya sepuas hatinya, bahkan untuk mencoba benda-benda tertentu. Pengunjung ataupun konsumen bisa memberikan tanggapan terkait dengan event yang dilaksanakan juga bisa memberikan tanggapan terhadap produk.Komunikasi model sirkular tercipta dalam event, dimana timbal balik terjadi ketika pertama komunikatornya adalah perusahaan yang mengadakan event dan komunikannya adalah pengunjung ataupun konsumen, selanjutnya konsumen ataupun pengunjung dengan adanya event bisa bertanya dan memberikan tanggapan balik dan dia menjadi komunikator.Karena efektifnya pameran itulah maka banyak lembaga atau perusahan yang menyelenggarakan pameran dalam rangka upaya mepromosikan produk atau jasanya oleh karena itu pula seorang humas patut menguasai seluk beluk pameran. Event pameran bagi perusahaan berguna untuk memperkenalkan produk-produk untuk mendapatkan dan dengan target pembeli dalam jumlah besar, dan dengan adanya pameran juga membangun kontak baru dalam pasar sasaran dari perusahaan atau organisasi. Event ini merupakan langkah awal bagi sebuah perusahaan atau organisasi untuk memasuki pasar atau daerah baru.Event organizer harus bisa mengelola dan melaksanakan event dengan maksimal, sehingga pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh konsumen melalui bentuk-bentuk komunikasi yang kreatif dan inovatif tertentu.Dalam launching event dan pameran biasanya event organizer membuat event tambahan untuk memeriahkan yang ditujukan untuk masyarakat dan pengunjung atau konsumen yang datang ketika event tersebut dan memberikan daya tarik bagi masyarakat untuk datang. Event tambahan tersebut dikenal dengan sebuatan extra event atau ada event tambahan didalam event utama. Extra event ini misalnya perlombaan-perlombaan, perlombaan mewarnai, perlombaan fashion, perlombaan menari, perlombaan musik dan lain-lain sesuai dengan konsep yang ditetapkan oleh perusahaan.
0 ulasan:
Catat Ulasan